Langsung ke konten utama

Tips seru untuk bisa semangat terus berpuasa di bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum sobat blogging, gimana kabarnya hari ini? memasuki puasa hari ke-3, gimana puasanya? masih aman? lancar tanpa hambatan rintangan? Insya Allah puasa lancar tanpa hambatan dan kabarnya juga baik ya. Semoga selalu Allah limpahkan nikmat-Nya untuk kita semua. Aamiin Allahumma Aamiin.

Alhamdulillah saya masih diberi nikmat sehat oleh Allah untuk bisa merasakan puasa Ramadhan 1445H dan tentunya bisa berpartisipasi lagi dalam BPN Ramadhan Blog Challenge 2024 (yeaaaaaay 👏). Terakhir ikut BPN Ramadhan Blog Challenge itu tahun 2022, dan setelahnya saya gap year 😄 ehe.. Kali ini mencoba ikutan lagi dan pinginnya sih konsisten untuk bisa ngeblogging ke depannya even just nulisin random thoughts aja.

Untuk post pertamaku di Ramadhan kali ini aku mau kasih tips seru untuk bisa semangat terus berpuasa di bulan Ramadhan ala aku semoga bermanfaat ya.

Let's go langsung kita bahas tipsnya~~

(1) Niatkan Puasa Ramadhan Untuk Memperoleh Anugerah dari Allah Subhana Wa Ta'ala

Of course pertama adalah niat. Kenapa sih niat itu penting? Karena niat merupakan suatu bentuk motivasi untuk menggerakkan hati dan otak dalam melaksanakan suatu kegiatan. Jika niat sudah ditanamkan, biasanya kita jadi punya target yang tiba-tiba tergambar. Misalnya : "Insya Allah aku mau khatam Al Qur'an 2x", "Insya Allah aku mau bagi-bagi makan sahur untuk 10 orang homeless". Nah setelah ada target otomatis kita jadi mikir gimana strategi supaya target itu tercapai. Naaah masuk ke strategi, kalau aku pribadi, aku coba training diri aku untuk disiplin dan konsisten dengan bikin Ramadhan Tracker. Format dari ramadhan tracker ini bebas ya, tergantung pribadi masing-masing. Atau untuk referensi bisa lihat di pinterest. Dan ini aku sertakan contoh ramadhan tracker punyaku.

Source : Pinterest
Source : Pribadi


(2) Jangan Skip Waktu Sahur

Ini berdasarkan pengalaman aku pribadi jangan pernah skip waktu sahur. Karena dulu aku pernah skip waktu sahur karena kupikir aku udah sengajain makan larut malam jadi biar ngga usah bangun sahur gitu. Tapi ternyata besoknya kepala aku sakiiiit banget dan dibawa tidurpun tetap sakit setelah bangun. Karena udah ngga tahan banget, aku periksa ke dokter. Dinasehatinlah sama bu dokter kalau "Ngga boleh skip sahur. Kalaupun malas, setidaknya makanlah kurma dan minum segelas teh manis". Jadi dari hasil pemeriksaan, aku kena hipoglikemia (kekurangan gula) dan dokternya bilang itu lebih bahaya dibanding kurang darah. Semenjak itu aku ngga pernah skip sahur. Makan secukupnya, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Jangan sampai nanti malah lemas, sakit terus batal puasanya.

(3) Tetap Aktif Bergerak

Sobat blogging, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk mager yaaa (alias males gerak). Karena kalau mager yang ada tuh beneran lemes banget dan berujung cuma tidur doang dan ngga produktif. Setidaknya bikin badan tetap gerak atau isi kegiatan ringan yang bermanfaat. Boleh juga kalau mau work out ringan misalnya sore menjelang buka puasa work out ringan (bisa squat, sit up, plank, yoga pose) selama 15 menit.

(4) Isi dengan Aktifitas yang Disukai

Biar puasanya terasa fun, boleh banget diisi dengan kegiatan menarik favorit sobat blogging. Misalnya kayak ini nih ikut BPN Ramadhan Blog Challenge, ngejournal (bisa qur'an journaling, gratitude journal, podcast journal), nonton drakor, nonton anime, ngefangirling. Tapi inget ibadah wajibnya jangan dilupakan yaaa

(5) Cukup Hidrasi

Saran aku sebisa mungkin terapin minum air putih 2L sehari ya. Nah jujur untuk minum air 2L sehari ini, aku juga ngga disiplin sih. Karena aku siapin airnya pakai botol yang ada ukuran mili nya jadi bisa ditracker kan, nah tiap ngetracker hidration itu paling mentok 1,5L itu juga kadang diwarnai ke kamar mandi malem-malem karena nyetor bensin.

(6) Segerakan Berbuka Puasa

Ketika waktunya berbuka puasa tiba, segerakanlah berbuka puasa dan jangan ditunda. Makan yang cukup dan jangan terlalu kenyang. Ingeeeet masih harus sholat taraweh jangan sampai kebablasan karena kekenyangan makan, terus jadi ngantuk 😁

Oceee itulah tips dari aku supaya bisa semangat terus menjalani puasa di bulan Ramadhan, semoga sobat blogging selalu dalam kondisi sehat wal afiat. Sampai ketemu lagi di postingan blog Alice berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Book Review : The Art of Solitude_What I Think About When I'm on My Own

  안녕하세요 sobat blogging~~ It's book review timeee.. Title  : The Art of Solitude What I Think About When I'm On My Own by Desi Anwar (Indonesia version : Apa yang kita pikirkan ketika kita sendirian) Published by : Gramedia Pustaka Utama Pages : 209 Aku pertama kali suka sama buku ini ketika baca sinopsisnya di cover bagian belakang. Dari pandemi kita diajarkan bagaimana berdamai dengan kesendirian. Dan ternyata sendirian itu tidak selalu membosankan. Karena sendirian lah kita belajar untuk lebih mengenal diri sendiri, lebih memahami makna maupun tujuan dari kehidupan. Buku ini mengajak kita untuk berkaca mengenal sosok yang selalu menemani kita dalam suka maupun duka, dan sosok itu suka tidak suka adalah diri kita sendiri. Dengan berkaca pada diri sendiri, kita jadi lebih mengenali diri, menerima keberadaan diri baik kelebihan maupun kekurangan. Setiap part dalam buku ini mengajak kita untuk berdialog bersama diri sendiri.  Dan membuat aku menyadari somehow being solitude justr

Jalan-jalan ke Parade Siluman di Bentara Budaya

  안녕하세요 sobat blogging~~ Gimana kabarnya?? Insya Allah sehat ya semua, Di blog post kali ini,  Alice in The Blogging Land mau cerita tentang pengalaman berkunjung ke parade siluman (Yokai Parade) yang berlangsung pada 17 - 27 Juni 2022 di Bentara Budaya, Palmerah, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Japan Foundation. Yokai Parade ini bisa dibilang mini exhibition sih karena instalasinya juga ngga terlalu banyak. Tapi ini tetap menarik untuk dikunjungi. Dengan adanya Yokai Parade ini setidaknya mengobati kerinduan untuk datang ke acara yang berkaitan dengan kebudayaan Negeri Sakura. Ngga perlu takut ngga bisa baca huruf hiragana, katakana dan kanji karena di setiap instalasinya, untuk penjelasan karyanya juga disertai bahasa Inggris. Ada beberapa sketsa yang dipamerkan disini merupakan penggambaran ulang sketsa yang ada sejak zaman edo. Menarik banget yaaa..ternyata dari zaman edo pun orang Jepang udah lihai menggambar. Untuk transportasi ke Bentara Budaya sendiri buat aku cukup gam

"Emotional Blackmail" Review

  Assalamu'alaikum, 안녕하세요 sobat blogging~~ Di blogpost kali ini, aku mau review buku non-fiksi yang berjudul "Emotional Blackmail" . Sebenarnya aku udah buat reviewnya tapi di instagram. Sesuai janji aku, aku mau memanfaatkan blog ini untuk review buku juga. Sobat blogging pernah ngga sih ngalamin pemerasaan emosional? Misalnya pacar/pasangan sobat blogging selalu nelpon sobat blogging setiap satu jam atau mengharuskan sobat blogging PAP (post a picture) setiap saat untuk meyakinkan kalau sobat blogging itu ngga bohong. Atau orang - orang sekitar sobat blogging terutama yang superior (seperti orang tua, guru atau atasan) memaksakan kehendak mereka meminta sobat blogging untuk melakukan sesuatu dan secara ngga sadar melakukan pemerasan emosional karena sobat blogging harus menuruti dan dengan embel embel "ini semua demi kebaikanmu" "kalau kamu mengikutiku, maka kamu pasti akan..." NAH... kalau udah begitu bisa jadi sobat blogging korban PE atau pemerasa