Langsung ke konten utama

Kegiatan 5M Bermanfaat di Bulan Puasa

 Assalamu'alaikum sobat blogging,

Gimana puasanya? masih lancar kan? Insya Allah masih lancar ya..

Sobat blogging biasanya kalau bulan puasa gini, ada kegiatan apanih supaya lebih berwarna bulan puasanya? Di blog ku kali ini, aku mau share aktifitas 5M yang menurut aku bermanfaat buat aku. Dengan si 5M ini jadi lebih berisi aja hari puasa aku, ya secara karena saat ini lagi banyak di rumah ya.

1. Membuat journal ❤

Membuat journal itu bisa ngelatih kreatifitas loh. Kalau buat aku pribadi, journaling ini adalah salah satu kegiatan healing aku selain masak (coba-coba resep). Yang dibuat journal apa aja? apapun.. mau itu quote, lirik lagu, list film favourite, review buku, apapun deh bisa dibikin journal. Journal ngga hanya sebatas mempercantik scheduling kegiatan kita aja kok. Kadang malah aku asal templok templok sticker aja. Hehehe.. Ini tuh seru dan nagih loh.

2. Membaca buku & membuat review 

Belakangan ini  aku lagi suka baca buku yang terkait dengan self improvement. Dan ternyata banyak hal yang relate dengan kehidupan aku. Ketika ada part penting atau quote atau part yang aku suka, itu aku tandain dan aku tempel sticky note. Dan setelah selesai baca buku, biasanya aku langsung buat reviewnya di instagram aku. Next nya aku pingin coba buat review buku dan disubmit ke blog atau youtube. Monggo boleh dicek kalau mau intip review bukuku https://www.instagram.com/p/CaXFFpNPM3W/

3. Mengikuti kompetisi online 

Mengikuti kompetesi online itu kegiatan yang challenging sih, contohnya kayak BPN 30 Ramadan Blog Challenge. Ini salah satu kegiatan yang ngebantu juga supaya blog aku ngga gersang sunyi senyap. Well, ngga harus punya target menang tapi dengan kompetisi secara ngga langsung itu melatih komitmen aku pribadi untuk ngerjain sesuatu & help me to gain my 'creativity thinker' sense. Hehe.. ya dooong secara ngga langsung di-push untuk berpikir gitu. I think it's very good to stay productive.

4.Membuat atau mengikuti kegiatan charity 

Nah ini nih. Mumpung bulan Ramadhan, penuh berkah, bulan yang baik. Kita bisa loh bikin kegiatan charity bareng teman-teman atau kita berpartisipasi dalam kegiatan charity. Seperti post blog aku beberapa waktu lalu, tentang puasa di rumah aja (https://aliceinthebloggingland.blogspot.com/2022/04/ramadhan-1443h-day-5-biar-ngga-mati.html) salah satu kegiatannya adalah decluttering. Selain mengurangi hisab (dari barang-barang yang mubazir karena sudah ngga pernah dipakai), Insya Allah kita juga dapat pahala dengan menyumbangkan hasil decluttering kita (misal : pakaian layak pakai, buku layak baca).

Selain decluttering, kita juga bisa berpartisipasi dengan kegiatan amal atau ikut menyumbang/ber-infaq ke lembaga-lembaga yang amanah dan resmi.

Insya Allah sekecil apapun charity yang kita lakukan atau kita berpartisipasi di dalamnya, diberkahi oleh Allah Subhana Wa Ta'ala dan bernilai pahala ya sobat blogging, Insya Allah.. Aamiin Allahumma Aamiin..

5. Mengikuti online course atau webinar 

Yang terakhir, kegiatan bermanfaat di bulan puasa menurutku adalah ikutan online course atau webinar. Lumayan kan kalau acaranya dimulai sore, itung-itung sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain online course atau webinar, banyak juga loh acara diskusi yang dilakuin secara online misal nih ada diskusi buku, virtual tour, dan lain sebagainya. Boleh banget sih dicoba. Selain menambah ilmu, bisa jadi nambah relasi juga kan.

=============================================================

Yeeep itulah aktifitas 5M bermanfaat di bulan puasa versi Alice In The Bloggingland. Sobat blogging pun pasti seru-seru deh aktifitasnya ❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Book Review : The Art of Solitude_What I Think About When I'm on My Own

  안녕하세요 sobat blogging~~ It's book review timeee.. Title  : The Art of Solitude What I Think About When I'm On My Own by Desi Anwar (Indonesia version : Apa yang kita pikirkan ketika kita sendirian) Published by : Gramedia Pustaka Utama Pages : 209 Aku pertama kali suka sama buku ini ketika baca sinopsisnya di cover bagian belakang. Dari pandemi kita diajarkan bagaimana berdamai dengan kesendirian. Dan ternyata sendirian itu tidak selalu membosankan. Karena sendirian lah kita belajar untuk lebih mengenal diri sendiri, lebih memahami makna maupun tujuan dari kehidupan. Buku ini mengajak kita untuk berkaca mengenal sosok yang selalu menemani kita dalam suka maupun duka, dan sosok itu suka tidak suka adalah diri kita sendiri. Dengan berkaca pada diri sendiri, kita jadi lebih mengenali diri, menerima keberadaan diri baik kelebihan maupun kekurangan. Setiap part dalam buku ini mengajak kita untuk berdialog bersama diri sendiri.  Dan membuat aku menyadari somehow being solitude justr

Jalan-jalan ke Parade Siluman di Bentara Budaya

  안녕하세요 sobat blogging~~ Gimana kabarnya?? Insya Allah sehat ya semua, Di blog post kali ini,  Alice in The Blogging Land mau cerita tentang pengalaman berkunjung ke parade siluman (Yokai Parade) yang berlangsung pada 17 - 27 Juni 2022 di Bentara Budaya, Palmerah, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Japan Foundation. Yokai Parade ini bisa dibilang mini exhibition sih karena instalasinya juga ngga terlalu banyak. Tapi ini tetap menarik untuk dikunjungi. Dengan adanya Yokai Parade ini setidaknya mengobati kerinduan untuk datang ke acara yang berkaitan dengan kebudayaan Negeri Sakura. Ngga perlu takut ngga bisa baca huruf hiragana, katakana dan kanji karena di setiap instalasinya, untuk penjelasan karyanya juga disertai bahasa Inggris. Ada beberapa sketsa yang dipamerkan disini merupakan penggambaran ulang sketsa yang ada sejak zaman edo. Menarik banget yaaa..ternyata dari zaman edo pun orang Jepang udah lihai menggambar. Untuk transportasi ke Bentara Budaya sendiri buat aku cukup gam

"Emotional Blackmail" Review

  Assalamu'alaikum, 안녕하세요 sobat blogging~~ Di blogpost kali ini, aku mau review buku non-fiksi yang berjudul "Emotional Blackmail" . Sebenarnya aku udah buat reviewnya tapi di instagram. Sesuai janji aku, aku mau memanfaatkan blog ini untuk review buku juga. Sobat blogging pernah ngga sih ngalamin pemerasaan emosional? Misalnya pacar/pasangan sobat blogging selalu nelpon sobat blogging setiap satu jam atau mengharuskan sobat blogging PAP (post a picture) setiap saat untuk meyakinkan kalau sobat blogging itu ngga bohong. Atau orang - orang sekitar sobat blogging terutama yang superior (seperti orang tua, guru atau atasan) memaksakan kehendak mereka meminta sobat blogging untuk melakukan sesuatu dan secara ngga sadar melakukan pemerasan emosional karena sobat blogging harus menuruti dan dengan embel embel "ini semua demi kebaikanmu" "kalau kamu mengikutiku, maka kamu pasti akan..." NAH... kalau udah begitu bisa jadi sobat blogging korban PE atau pemerasa